[Resensi] Womenpreneur Checklist, Panduan Memulai Usaha untuk Perempuan


Judul          :  Womenpreneur Checklist, Panduan Memulai Usaha untuk Perempuan
Penulis        :Dian Akbas
Penerbit      :Stiletto Book
Tebal buku : 240 halaman
ISBN          :978-602-7572-24-9
Peresensi   : Ummi Aleeya




“ Perempuan kini semakin multitasking. Mereka bukan hanya pandai mengelola rumah namun juga sukses mengelola bisnis dari rumah. Buku ini akan menjadi panduan bagi perempuan yang ingin sukses berbisnis dari rumah dan menciptakan lebih banyak perempuan multitasking di Indonesia”
(Indari Mastuti ,CEO Indscript Corp., Founder Ibu-Ibu Doyan Bisnis, dan Pemenang II Wirausaha Muda Mandiri 2011)


Kutipan tersebut saya dapati di balik sampul buku Best Seller ini. Tulisan yang makin menambah gairah saya untuk segera melahap habis isi didalamnya.

Sebagai buku panduan bagi pemula – para perempuan yang ingin memiliki bisnis sendiri –buku ini benar-benar bisa dijadikan referensi. Di awal, pembaca diajak untuk realistis menimbang kemampuan dirinya mengelola bisnis sendiri. Ya, wanita adalah mahluk yang lebih mengutamakan perasaan, ketika dia merasa mampu memiliki bisnis sendiri, seringkali tidak memperhitungkan hal lain yang turut disiapkan. Padahal perempuan haruslah menyadari, peran ganda yang akan diamainkan.Memiliki bisnis sendiri berarti menambahkan porsi tanggung jawabdipundaknya, setelah tugas utama menjadi Ibu yang mendidik dan mengurus rumahtangga.

Keinginan berbisnis janganlah semata didasari atas pemikiran melihat kesuksesan teman alias ‘latah’. Dian Akbas  -- penulisbuku ini yang sejak tahun 2005 bermukim di Turki  -- memberikan beberapa point checklist untuk menilai kesiapan bisnis, karakter pribadi, kondisi pribadi serta kemampuan pribadi, kesemuanya bertujuan memandu kesiapan perempuan di awal niatnya membangun bisnis sendiri  (hal 18-21). “Apakah anda menyadari bahwa bisnis mungkin akan memerlukan waktu lebih dari 12 jam dalam sehari?” serta “Apakah Anda siap menghadapi kegagalan?” adalah contoh pertanyaan yang diberikan dalam daftar checklist Bab 1.

Penulis yang juga pemilik jasa desain web dan toko butik di kota Alanya Turki ini, tidak bermaksud membuat ciut nyali para perempuan. Dian Akbas justru mengajak para perempuan lebih rasional dan terencana ‘membumikan’ impiannya memiliki bisnis sendiri. Iming-iming memiliki kebebasan finansial serta waktu luang lebih banyak, sering kali membutakan para pemula bahwa memiliki bisnis sendiri sesungguhnya butuh perjuangan keras. Hal tersebut dituliskannya dalam barisan kalimat di awal Bab 2 “Mendaki Gunung Kesuksesan sangat melelahkan. Anda pun harus menahan angin kencang di puncaknya ” (hal 53)

Memahami bisnis yang akan digeluti dilengkapi dengan pengetahuan manajemen bisnis adalah topik yang dikaji dalam bab 2. Banyak bisnis yang gagal berlanjut karena para pemiliknya tidak memahami seutuhnya bisnis yang dimilikinya juga manajemen administrasi serta keuangan yang harus disiapkannya. Beberapa contoh dokumen bisnis disertakan dalam bab ini ( hal71-76), juga contoh format laporan keuangan (hal 79) dan tentunya sejumlah daftar checklist yang harus diisi makin memandu pemula untuk semakin faham apasaja yang harus di miliki di awal bisnisnya.

Memasuki Bab 3, pembaca diajak memahami serba-serbi dalam berbisnis. Ya, menjaga hubungan dengan konsumen, pesaing dan rekanan adalah hal yang harus diperhatikan. Tentu saja hubungan dengan Tuhan sudah kita dahulukan. ”Menjalinhubungan baik dengan pesaing bisnis memang terdengar aneh. Namun, dengan cara ini Anda dapat belajar lebih banyak tentang pesaing Anda ”(hal 100)

Untuk memiliki usaha sendiri tentunya dibutuhkan modal, ada banyak cara yang bisakita pilih untuk memperolehnya. Bisa dengan mengajukan pinjaman, menjual asset atau beberapa pilihan lainnya. Pada Bab 4 ini, pembaca benar-benar dipandu untuk bisa menentukan pilihan yang cocok dalam memperoleh kucuran dana. Adanya panduan pembuatan proposal, alamat beberapa Bank penyedia dana CSR serta contoh kongkrit lainnya dapat dengan mudah pembaca peroleh (hal 122-145)

Tip dan Trik Bisnis dapat pembaca temukan di Bab 5. Di antara tips yang disampaikan antara lain : memantapkan niat untuk berbisnis, semangat dalam berusaha serta selalu berfikir postif dalam segala hal, kesemuanya adalah bekal yang harus dimiliki oleh wirausaha wanita.

Buku ini juga menjelaskan bagaimana melejitkan binis  menggunakan media  internet, bergaul di komunitas , berkompetisi serta membangun branding dan mentoring. Topik-topik tersebut  dibahas secara detail dilengkapi daftar checklist yang sedari awal dirasakan sangat bermanfaat bagi para pemula. Sebagai penutup, penulis memberikan bonus “Bussiness Plan Template ” bagi pemula (hal 215 – 217)

Pengalaman penulis yang terjun langsung di dunia bisnis, menjadikan buku ini berbeda dengan buku sejenis lainnya. Disusun sangat terstruktur, menjadikan pembaca benar-benar memahami langkah-langkah yang harus dialui untuk membangun bisnisnya. Contoh-contoh pengusaha wanita sukses  yang juga dituliskan, menjadi pemantik semangat kaum hawa, bahwa ada peran lain bisa dimainkannya yakni membangun bisnis dari rumah.Jika Anda adalah perempuan yang tengah membutuhkan panduan dalam merintis bisnis, buku ini layak jadi panduannya. Selamat Membaca.


Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki