[Resensi] Review Buku Womanpreneur Checklist


Peresensi: Dwi Aryanti
Judul: Womenpreneur Checklist
Penulis: Dian Akbas
Editor: Herlina P. Dewi
Cetakan: I, Februari 2014
Penerbit: Stilettobook Book
Tebal: 240
ISBN: 978-602-7572-24-9
Harga: Rp 45.000,- 




Kadang saya iri melihat para wanita yang sukses berwirausaha, beberapa saya kenal. Misalnya, Mbak Diajeng Lestari, pemilik Hijup.com adalah kakak kelas saya, hijabers sekaligus pemilik toko online Such! by Suci merupakan teman sekelas saya atau waktu saya audit ke Sukabumi, di hari Minggu saya mampir ke galeri butik khas daerah tersebut, pemiliknya ternyata masih muda (dan cantik), dia otodidak belajar menjahit, dan yang membuat saya kagum dia dapat memberdayakan ibu-ibu sekitar dalam usahanya.

Kalau kita bicara tentang wirausaha, pasti kita membayangkan enak ya: pendapatannya besar, fleksibel mengatur waktu apalagi kalau sudah punya anak, dan aktualisasi tanpa batas. Tapi kira-kira kita buka usaha apa ya, ngelihat kesuksesan Mbak Diajeng saya jadi ingin coba juga usaha online, melihat usaha batik di Sukabumi saya juga jadi ingin belajar menjahit, biar bisa jahit dengan model lucu-lucu dan dijual. 

"Ketika akan memulai bisnis, pilihlah bisnis yang benar-benar cocok untuk dijalankan. Jangan hanya karena melihat teman sukses berbisnis A, maka tanpa berpikir panjang Anda langsung memutuskan untuk berbisnis A. Bisnis yang cocok untuk teman Anda belum tentu cocok untuk Anda".

Pada awal, dijelaskan tentang bisnis apa yang cocok untuk kita dan tips-tipsnya. Idenya bisa berawal dari hobi, mengikuti jejak teman yang sukses, belajar sesuatu yang baru dan jeli melihat peluang bisnis. Pengalaman penulis belajar otodidak tentang bahasa pemrogaman hingga membuat bisnis desain sendiri.
Setelah kita menentukan usaha apa yang ingin kita geluti, maka agar bisnis berjalan lancar maka harus direncanakan mengenai manajemennya, baik manajemen administrasi, pemasaran dan keuangan. Kita harus tahu, kapan bisnis kita balik modal.

Ketika bisnis kita sudah berjalan, yang harus diperhatikan adalah menjalin hubungan baik dengan pelanggan. Selain pelanggan, kita juga harus menjalin hubungan baik dengan pesaing, supaya dapat belajar dari hal-hal baik dari pesaing. Tidak lupa memperluas pergaulan dengan bergabung di komunitas.

Bab selanjutnya, penulis menjelaskan mengenai modal. Modal bisa berupa uang, pikiran, barang. Disini dikupas lebih dalam lagi bagaimana mendapatkan modal usaha, kalau mau meminjam pinjaman bank seperti apa yang harus diperhatikan. Pada bab 5 dijelaskan mengenai tips dan trik ketika memulai bisnis. Yang menarik dalam bab ini adalah penulis memberikan tips mengenai daftar pekerjaan yang membuang waktu percuma (Not-To-Do-List) dan ganti dengan membuat daftar pekerjaan yang harus dilakukan (To-Do-List)

Lalu bagaimana supaya dapat melejitkan bisnis? Ada pepatah, tak kenal maka tak sayang. Di bab ini, penulis membahas supaya bisnis kita dikenal. Saya baru 'ngeh' nih tentang pentingnya mentor. Siapa yah yang mau jadi mentor saya? *narik-narik baju orang lewat

Kelebihan buku ini karena mudah diaplikasikan, tidak banyak teori jadi aplikatif. Bukunya fresh dan asyik karena disediakan catatan kosong yang memungkinkan kita untuk menuangkan ide-ide bisnis yang terlintas ketika membaca buku ini dan checklist-checklist membuat kita sadar tentang sudah sejauh mana kemampuan diri kita sendiri. Covernya pun lucu, menarik dan eye catching. Buku ini memberikan gambaran mengenai dunia usaha, walau tidak lengkap banget. Misalnya tentang pentingnya bisnis online, hanya dibahas sedikit disini jadi kita mesti mencari referensi yang lain.

Buku ini cocok untuk para pebisnis awal dan juga pebisnis senior untuk lebih meningkatkan usahanya. Ayo mulai sekarang!!!!

sumber: 
http://hamasah-uwi.blogspot.com.tr/2014/06/review-buku-womanpreneur-checklist.html

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam