Amankah Backpacker Sendiri di Turki?

Apakah aman kalo cewe backpacker sendiri di Turki?

Untuk jalan-jalan di Turki sendirian buat cewe aman-aman saja. Kantongi informasi sebanyak-banyaknya tentang lokasi yang akan dikunjungi agar tidak kesasar. Nanti di Turki, jika merasa bingung akan jalan atau arah, jangan terlihat kikuk. Karena se-aman-amannya suatu tempat, Tapi orang jahat ada di mana-mana. Dan orang yang terlihat kikuk bisa dimanfaatkan. Jika ada yang mengikuti, harus bisa memberikan sikap tegas bahwa kita mengetahui tempat tesebut.

Pengalaman seorang cewe backpacker asal bogor di Istanbul, ada cowo Turki mengikutinya. Si cowo keukeuh pengen mengantar dia. Dan si cewe backpacker ini secara tegas menolak dia "please do respect me" ucapnya. Si cowo keukeuh itu pun ngeloyor menjauh.

Pengalaman salah satu temanku yang berkunjung ke Alanya. Kami berdua ke castle, tapi temanku ini terlalu santai berfoto-foto (sedangkan saya berjalan di depannya). Dan ia didekati oleh seorang laki-laki yang mengaku guide. Rupanya si guide memberikan sedikit informasi pada temanku itu karena temanku terlihat awam dengan tempat yg sedang dikunjungi. Di akhirnya si guide bilang begini: "may I kiss you?" Tentu saja temanku menolaknya...huhhh dasar semprullll

Banyak cowo-cowo muda berkeliaran dengan dalih menjadi guide, siap mengantar turis kemana-mana. Tapi di akhir cerita ia mengincar sesuatu. Akan lebih baik lagi jika bisa mengucapkan beberapa kalimat dalam bahasa setempat. Karena biasanya guide-guide palsu itu akan menjauh dengan sendirinya jika kita bisa berbahasa Turki.

Semoga informasi ini bisa bermanfaat buat teman-teman yang akan backpacker ke Turki.

Jangan lupa juga, kantongi buku terbaruku ini (buku duet dengan Lia Er)


Di dalamnya sudah tercakup bahasa Turki, agar bisa  cuap-cuap dengan orang lokal ;)



10 comments:

  1. Turki.....sudah masuk top-list backpakerku Mbak...bener2 gak mau pakai jasa travel kalau ke sana.

    ReplyDelete
  2. mbak tolong email saya ya, ada bberapa yang ingin saya tanyakan. power.cosmo8@gmail.com
    terima kasih sebelumnya. :)

    ReplyDelete
  3. Mba inbox email ku juga fazar.pranata@gmail.com ada berapa hal mau saya tanyakan mba

    ReplyDelete
  4. Mba kalo transit di turki sampe 20 jam, boleh keluar bandara ga ? Trus ada pertanyaan lain lg mba inbox ke email ya mba reggy.caesar@gmail.com :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo punya visa Turki, mungkin bisa keluar bandara.

      Delete
  5. Mbak, kalo untuk trip ke cappadocia ada rincian atau cerita nya, mba?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di buku Best of Turki ada rincian utk ke Kapadokia

      Delete

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...