twister di alanya

citizen journalism Tribun Jambi, sabtu 18 September 2010

*******
Twister di Alanya

Rabu (1 September 2010), terlihat sesuatu yang aneh di laut mediterania. Saya melihat sesuatu memanjang dari langit turun ke laut yang kemudian saya sadar bahwa itu adalah angin puting beliung atau twister atau hortum dalam bahasa Turki. Di Alanya sudah sering terjadi twister dan saya hanya melihat di berita tv saja. Tapi kali ini saya dapat melihat dengan mata kepala sendiri fenomena alam ini.


Efek dari lamanya cuaca panas yang kemudian diikuti dengan hujan menyebabkan terjadinya twister di laut Alanya. Cuaca panas yang ekstrim mencapai 55 derajat kemudian turun beberapa derajat dan kemudian drop menjadi 30 derajat dan diikuti hujan menyebabkan terjadinya twister pada hari itu.


Hari itu pagi menjelang siang, ketika saya akan membaca Quran di dekat pintu balkon (karena saat musim panas saya suka membaca Quran disana agar dapat terangin-angin dari luar). Sebelum membuka Quran saya palingkan wajah keluar yang mana dapat terlihat panorama kota Alanya dan laut mediterania, sejenak saya tertegun dengan pemandangan aneh yang baru pertama kali saya lihat. Sedikit berfikir apakah gerangan yang saya lihat ini? Apakah ini yang namanya twister? Karena hanya di berita tv dan di film-film saja saya melihat twister, belum pernah melihat bentuk nyatanya.


Setelah merasa yakin bahwa yang kulihat adalah twister, saya pun berlari menuju kamar tidur untuk mengambil kamera dan saya pun mengabadikan momen fenomena alam tersebut tapi sebelumnya saya simpan dulu Quran di tempat yang aman yang kemudian saya baca setelah momen twister selesai.


Subhanallah dalam satu waktu terdapat dua twister berdampingan. Satu yang nampak jelas dan satu lagi hanya nampak bagian atasnya saja karena bagian bawah tertutup awan tebal. Kedua twister tersebut bergerak menuju barat. Semakin ke barat menjadi kebalikan, yang tadinya nampak jelas menjadi tertutup awan dan yang tadinya tertutup awan menjadi nampak jelas. Ketika kedua twister ini menuju barat, di sebelah timur muncul lagi satu twister baru. Yang baru ini ukurannya lebih kecil dari yang dua pertama dan si kecil ini hanya sebentar saja nampak karena awan tebal datang menghampirinya.


Sembari mengabadikan twister tersebut dengan kamera, untuk lebih meyakinkan diri bahwa yang sedang saya abadikan tersebut benar-benar twister saya pun mendengar tetangga yang sedang mengobrol antar balkon di tengah hujan “gordun mu hortum deniz'e indi?” (lihat tidak twister turun ke laut?) dan tetangga tersebut pun bertanya ke anak saya yang sedang di balkon bersama saya “emine hortum'u gordun mu? Bak annesi hortum'u cekti. (emine lihat twister? lihat ibunya sedang memotret twister)


Alhamdulillah pada hari itu twister hanya bergerak di laut saja tapi di beberapa daerah seperti Konakli, Turkler dan Payallar mendapat efeknya ke daratan yang mana terdapat sedikit kerusakan pada greenhouse dan kaca-kaca gedung. Di Alanya memang sering terjadi fenomena alam ini dan suka menimbulkan kerusakan di darat karena twister yang terjadi di laut bergerak ke daratan.

2 comments:

  1. Subhanallah............saya belum pernah liat langsung mbak.

    ReplyDelete
  2. ini juga baru pertama kali, kayak nonton film aja :D

    ReplyDelete

Hati-hati

Beberapa bulan lalu, ada 2 turis cantik (asal finland) datang ke toko saya. mereka masuk seperti yang terburu-buru. melihat-lihat tunik dan ...