Pengumuman Pun Bisa Terdengar ke Seluruh Kota


Ada yang unik di kota Alanya, di perempatan yang strategis terdapat corong speaker terpasang di tiang listrik atau tiang lampu jalan. Semula saya tidak memperhatikan hal itu. Ketika ada pengumuman orang meninggal, saya menyangka pengumuman itu berasal dari mesjid setempat. Seperti halnya di Bandung, jika di suatu daerah ada yang meninggal dunia maka akan diumumkan oleh mesjid setempat dan pengumuman itu hanya akan terdengar oleh daerah sekitarnya saja. Dan daerah lain di Bandung tidak akan tahu kecuali ada teman atau saudara yang memberi tahu.


Lain dengan di Alanya. Ternyata pengumuman tentang orang meninggal yang sering saya dengar datangnya dari pemerintah kota Alanya. Corong-corong speaker yang ada di perempatan jalan adalah sarana untuk memperdengarkan pengumuman tersebut. Corong speaker dipasang di perempatan yang strategis dalam artian suara yang keluar dari speaker dapat didengar oleh beberapa area sekaligus. Misal di jalan Kuturup tempat saya tinggal ini ada yang meninggal dunia, maka pihak keluarga akan melaporkan berita itu pada suatu biro di pemerintah kota untuk diumumkan. Maka seluruh kota Alanya akan mengetahui berita kematian tersebut.


Waktu ayah saya di Bandung meninggal dunia, suami bilang ke saya “kalau saja beritanya diumumkan, pasti orang di seluruh Alanya yang mengenal keluarga suami akan datang ke rumah” tapi karena ayah saya meninggal di Bandung bukan di Alanya jadi kami tidak melaporkan hal tersebut untuk diumumkan. Jadi ketika itu hanya tetangga dekat saja yang datang menyatakan belasungkawa pada saya. Itu pun karena pada hari itu seharusnya seorang tetangga saya datang ke rumah untuk belajar membaca Al-Quran, tetapi hari itu saya sedang berduka dan kondisi saya tidak memungkinkan untuk mengajarnya oleh karena itu saya meminta ibu mertua untuk memberitahukan pada tetangga tersebut untuk tidak datang ke rumah hari itu karena saya tidak dapat mengajar. Ibu mertua pun memberitahukan hal tersebut pada tetangga yang dimaksud dan memberitahukan alasannya karena saya sedang berduka karena ayah saya meninggal. Maka pada siang hari setelah dzuhur tetangga tersebut bersama suaminya serta satu keluarga lain (masih tetangga dekat) datang ke rumah untuk menyatakan bela sungkawa. Hari-hari berikutnya pun ada tetangga yang datang untuk menyatakan bela sungkawa. Sedangkan kerabat dan teman keluarga suami mengetahuinya dari mulut ke mulut saja dan mereka menyatakan bela sungkawa ketika ada kesempatan bertemu dengan saya.


Pantas saja waktu kakek suami meninggal, tamu yang datang untuk menyatakan belasungkawa tidak habis-habisnya padahal sudah hampir satu bulan. Orang-orang yang mengenal keluarga yang ditinggalkan ataupun kenal dengan orang yang telah meninggal tersebut akan datang melayat atau mengantarkan ke pemakaman pada hari diumumkannya berita kematian itu dan yang tidak sempat datang pada hari itu akan datang untuk menyatakan bela sungkawa pada hari-hari berikutnya. Rupanya orang-orang yang tinggalnya jauh dari daerah ini dan masih dalam kota Alanya, mereka mendengar berita kematiannya dari speaker itu dan konfirmasi pada pihak keluarga via telepon lalu mereka pun datang ke rumah.


Tidak hanya pengumuman kematian saja yang diumumkan via corong speaker tersebut. Tetapi jika ada event-event yang diselenggarakan oleh pemerintah kota yang dalam hal ini untuk mengundang warga untuk hadir pada event tersebut, maka pengumuman akan diperdengarkan via corong speaker tersebut. Seperti halnya pada hari sabtu (29 Mei 2010) akan dilangsungkannya pembukaan festival pariwisata dan seni Alanya ke-10, saya mendengar pengumuman tersebut dan dijabarkan tentang acara apa saja yang dapat dinikmati pada hari pertama festival, untuk itu pemerintah kota mengundang warga untuk hadir pada acara tersebut. Saya telah mengetahui tentang acara tersebut dari poster yang di tempel di dalam bus, bahwa acara festival akan berlangsung selama 4 hari yaitu dari tanggal 29 Mei – 1 Juni. Saya bersama suami dan anak pun berkunjung ke festival tahunan tersebut pada hari ke-2 (minggu, 30 Mei 2010).




artikelku di tribun jabar: 

http://tribunjabar.co.id/read/artikel/23419/pengumuman-pun-bisa-terdengar-ke-seluruh-kota

No comments:

Post a Comment

[Jual e-book] Aktivitas Seru Ramadan

Ramadan sebentar lagi... Kita sambut Ramadan dengan suka cita :) Ini lo ada ebook aktivitas yang seru untuk Ramadan. *** Aktivitas Seru Rama...