Pertama di Turki, satu jam gratis bersepeda

artikel ini dimuat di web tribun jabar (www.tribunjabar.co.id) dan juga pada edisi cetaknya hari ini (minggu, 15 maret 2009)


*****

Pertama di Turki,

satu jam gratis bersepeda

tempat penyewaan sepeda di terminal dolmuş


SEJAK Desember 2008 di Alanya terdapat tempat penyewaan sepeda yang cukup unik. Penyewaan sepeda ini bukan seperti biasa terdapat di tempat lain. Penyewaan sepeda di Alanya ini adalah penyewaan otomatis. Otomatis karena tidak ada penjaga atau petugas di tempat penyewaan tersebut. Hanya mesin (yang berdiri berjajar dengan sepeda yang terletak di paling ujung kiri atau kanan) yang berfungsi untuk mendapatkan password pembuka kunci sepeda, dan sepeda-sepedanya dikunci di besi-besi yang berjajar di tempat itu.

Untuk mendapat password di mesin tersebut, diperlukan suatu kartu dan kartu tersebut adalah kartu kredit (credit card). Setiap orang yang akan menggunakan sepeda dari tempat itu memasukkan credit card ke mesin, lalu akan mendapat password pembuka kunci sepeda. Di sepeda terdapat sebuah mesin kecil yang berfungsi untuk memasukkan password untuk membuka kunci sepeda.

Jika kita menggunakan sepeda tersebut hanya satu jam, kita tidak akan dikenai biaya alias gratis untuk satu jam pertama. Tetapi jika menggunakan lebih dari satu jam, akan dikenakan biaya dan langsung dikredit dari credit card yang tadi digunakan dalam mengambil password.

Untuk tahap pertama proyek sepeda ini di Alanya didirikan 20 tempat penyewaan sepeda otomatis dengan jumlah sepeda 150 unit. Menurut Wali Kota Alanya, proyek sepeda di Alanya ini adalah yang pertama kali di Turki. Tapi di negara-negara lain di Eropa sudah banyak terdapat proyek sepeda seperti ini.

Proyek sepeda seperti ini diharapkan dapat lebih memudahkan masyarakat untuk bepergian. Misalnya saja jika dari Terminal Dolmuş (di terminal ini terdapat tempat penyewaan sepeda otomatis) dan akan pergi ke pelabuhan, kita dapat menggunakan sepeda tersebut. Ketika sampai di pelabuhan dapat memarkir sepeda tersebut di tempat penyewaan terdekat (di daerah pelabuhan terdapat beberapa tempat penyewaan tersebut). Sepeda ini pun dilengkapi dengan radar. Jadi, pihak yang berwajib dapat mengetahui keberadaan sepeda tersebut jika saja tidak terparkir di tempat semestinya.

salah satu tempat penyewaan sepeda di pelabuhan


Selain warga setempat, turis-turis pun merasa senang dengan penyewaan sepeda seperti ini. Karena Alanya merupakan salah satu pusat pariwisata di Turki, penyewaan sepeda seperti ini akan lebih memudahkan para turis untuk menikmati Kota Alanya. (*)




Comments

  1. wah subhanallah, hebring euy walikota alanya. bikin sepeda pake sistem otomatis, aman nyaman dan tentram.. hallah ciga maskotwalikota bandung wae nya teh hehehe :-D

    ReplyDelete
  2. wah asyik nih dian.., btw ini tulisan dah dimuat di tribun jabar..?/ hebat deh dian selamat ya..:)

    ReplyDelete
  3. waaaaaaaah asyik banget nih mba...di London udah ada tapi gak banyak laku....pada naik sepeda sendiri2

    ReplyDelete
  4. keren, indonesia musti nyontoh turki biar gak polusih ...:)

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki