musim dingin telah tiba

tulisan ini dimuat di tribun jabar edisi cetak 9 november 2008


**************
musim dingin telah tiba

minggu (26 oktober 2008) dimulainya penyesuaian waktu untuk musim dingin 2008 di turki, ditandai dengan diperlambat 1 jam pada waktu yang sedang bergulir, contoh jika sekarang waktu menunjukan pukul 01.00 maka dimajukan satu jam menjadi 00.00.


Dengan setting waktu seperti itu menandakan musim panas telah berakhir karena waktu siang sudah semakin pendek dan berganti waktu malam yang menjadi panjang pertanda musim dingin telah tiba.

Dengan demikian perbedaan waktu dengan indonesia pun menjadi tambah lambat satu jam. Jika di musim panas perbedaan waktu indonesia – turki hanya empat jam maka di musim dingin menjadi beda lima jam.


Di musim dingin saya merasa waktu-waktu bergulir sangat cepat, misalnya baru saja saya mendengar adzan maghrib berkumandang lalu saya pun melaksanakan shalat maghrib, tidak lama kemudian adzan isya sudah berkumandang lagi.


Matahari cepat sekali meninggalkan hari yang mana pukul empat hari sudah redup, pukul lima adzan maghrib berkumandang dan sekitar pukul enam adzan isya pun berkumandang, menandakan hari sudah berganti malam.


Disamping waktu siang yang pendek dan waktu malam yang panjang, cuaca pun sudah mulai berubah sangat dingin. Meskipun di siang hari matahari bersinar terik tapi angin yang berhembus dinginnnya mampu menusuk kulit kita.


Hampir empat tahun saya disini tapi kulit tropis saya masih belum bisa beradaptasi dengan musim dingin. Setiap musim dingin kulit saya menjadi sangat kering dan pecah-pecah bahkan sampai mengeluarkan darah. Berbeda dengan keadaan kulit saya di musim panas yang mana selalu berkeringat menjadikan kulit saya berminyak. Untuk mengatasi masalah kulit di musim dingin, saya sudah siapkan cream lotion yang ampuh untuk kulit saya. Sudah banyak cream yang saya coba disini tapi hanya satu yang cocok untuk masalah kulit saya tersebut, yaitu nivea baby soft creme. Bukan bermaksud untuk promosi atau beriklan tapi saya hanya ingin berbagi tips untuk orang indonesia (atau dari negeri tropis) yang mungkin akan berkunjung ke turki di musim dingin atau akan menetap di turki dan mungkin akan menghadapi masalah yang sama terhadap kulitnya.


Menurut siklus pergantian musim dalam satu tahun, sebetulnya bulan ini masih termasuk dalam musim gugur dan musim gugur akan berakhir pada akhir bulan november sedangkan musim dingin akan dimulai pada bulan desember hingga bulan februari. Tetapi cuacanya sudah seperti musim dingin saja, padahal menurut penduduk setempat cuaca dingin seperti ini belum apa-apa dibanding pada bulan-bulan januari dan pebruari yang akan sangat dingin.


Beruntung sekali negara indonesia berada di daerah katulistiwa yang beriklim tropis yang mana musim dingin tidak terlalu dingin dan musim panas pun tidak terlalu panas dan panjangnya waktu siang dan malam pun tidak pernah mengalami perubahan.


Sekarang pukul tujuh, matahari sudah bersinar terang dan hangat seraya memanggil orang-orang yang akan beraktifitas untuk segera melaksanakannya sebelum awan-awan gelap yang setiap saat mungkin akan datang menutupi sinarnya.


Salam hangat dari alanya – turki, 29.10.2008


Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki