persiapan pulang kampung


setelah berlebaran di yayla, hari senin langsung mempersiapkan untuk pulang kampung.

1. bikin foto emine (untuk paspor turki dan juga untuk persyaratan visa indonesia)
emine belum diajukan wni nya karena waktunya mepet, sedangkan emine lahir sebelum SK wn ganda yg baru itu muncul jadinya emine harus mengikuti prosedur yang 3 bulan. jadinya nantinya diurus setelah pulang dari indo rencananya
hari senin siang, suami telpon dari toko...cepat datang kita moto emine di studio.....lalu saya pun pergi sama emine...ga susah ngambil foto emine ini, karene studionya digital jadinya gampang aja...karena kita tahu emine bakal banyak gerak, ya sudah emine dipangku aja sama baba nya.....pada jepretan pertama emine nangis karena mungkin kaget oleh lampu blitz, tapi jepretan kedua ok....sekali lagi jepret untuk pembanding...sudah ok.....tukang foto tinggal mengedit foto dengan menghilangkan foto baba yang mangku emine dan mengganti background menjadi warna merah.......lalu kami tinggal mengambil besoknya......itulah foto jadinya, terlihat seperti anak laki2 heheh, tapi tetap lucu

2. bikin paspor turki







karena emine sudah otomatis warga negara turki, maka emine harus bikin 
pasor turki. persyartannya harus ada "muafakatname" itu adalah surat pernyataan saya yg dibuat di notaris, yang menyatakan bahwa emine benar2 anak saya, emine akan dibawa oleh saya ke indonesia dan juga nanti akan pulang ke turki bersama2 saya...
surat pernyataan yg semacam itu dalam bahasa turki....... kami pun membuat itu di notaris, lalu diajukan paspornya....prosesnya sebentar, sehari juga bisa langsung jadi, tapi berhubung di telkom sedang ada mogok pegawai jadinya ada hambatan pada sambungan internet di kantor2 pemerintahan (untung saja internet di rumah2 tidak ada gangguan)...so bikin paspornya agak lama menjadi 2 hari.....tak apalah, akhirnya paspornya pun beres....

3. beli tiket pesawat (termasuk untuk syarat visanya emine)
setelah searching harga, ternyata malaysian air yg paling murah, beda 100 euro dari emirates. waktu itu hanya reservasi aja malaysian air...tapi reservasi itu hangus dalam waktu 3 hari....lalu sewaktu fixed mau beli tiket ternyata malaysian air sudah habis, jadinya kami membeli tiket emirates.


4. membuat visa
setelah persyaratan untuk visa nya emine terlengkapi, suami membeli tiket bus untuk ke ankara, lalu hari senin malam kami pun meluncur ke ankara....















jauh2 hari saya udah bikin janji dengan ibu lita (bagian visa), ibu lita nanya: "kapan mau pergi? saya: "bilang tgl 24 november" ibu lita: "ya sudah mendingan awal november aja kesini", lalu saya pun buat janji untuk hari selasa 6 nov, tadinya mau senin, tapi dia bilang mendingan selasa aja supaya bisa cepat.

hari selasa pagi kami sudah nyampe ankara....karena kbri belum buka (belum jam 9), kami pun sarapan dulu di rumah makan terdekat, lalu kembali ke kbri tapi belum buka juga...tapi sudah ada pegawenya, dan kami pun disuruh masuk untuk menunggu di ruang tamu saja...padahal ruang tamu sedang dibersihkan, tapi gpp katanya.

kemudian ibu lita (bagian visa) datang, langsung diberikan syaratnya dan karena saya udah download form visa dari internet dan sudah saya isi dirumah, jadinya lebih cepat....dalam waktu kira2 1 jam visa itu sudah beres, biaya nya 45 USD.
sekalian juga saya bikin surat bebas fiskal, supaya nanti pulang kesini lagi di airport cengkareng ga usah bayar fiskal (pembuatan surat bebas fiskal gratis)

Alhamdulillah semua persiapan untuk pulang kampung sudah beres, sekarang tinggal packing barang2 ke koper dan tinggal menghitung hari saja.......sudah tidak sabar, rasanya ingin langsung nyampe di bandung saja




Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Bundel Revisi yang Raib

Menikah di Turki