Tip dari turis Albania

 



sewaktu nongkrong di depan toko ada ibu ot yang nanya harga jaket yang digantung di atas pintu (otomatis menghadap ke toko). pas balik badan, sudah ada turis yang mau masuk ke toko.
"hai," sapa si turis cowok.
"hai, silakan masuk," ucap saya.
lalu ada turis cewe cantik yang mengikutinya.
"eh, ini lo," ucap turis cewe sambil memegang plastik hijab instan yg digantung di pintu.
kami masuk ke dalam toko, saya dan suami menunjukkan hijab instan yang dimaksud. lalu kami pun menunujukkan abaya.
mereka fix membeli 1 abaya dan 3 hijab instan untuk hadiah ibu si cowo. cowo ini orang albania sedangkan cewenya orang uk dan mereka tinggal di uk. mereka datang dengan seorang cewe lagi yang ternyata kakak si cewe.
sambil transaksi kami sedikit ngobrol.
"kalian bertemu di mana?" tanya kakak si cewe.
suami cerita deh kalo kami ketemu di mirc. lalu saya menunjukkan foto pernikahan kami di bandung yang pernah saya post di fb.
"wah bagus banget. very traditional," responsnya kagum.
kemudian suami merekomendasikan halal hotel di alanya jika si cowo ingin membawa ibunya liburan di alanya.
setelah selesai transaksi, sebelum berpamitan keluar, si cewe nanya di mana toilet terdekat. saya pun kasih tahu di mana lokasinya.
setelah ngasih uang untuk bayar, terus si cowo ngasih lagi uang logam seperti yang ada di foto.
"ga perlu," ucap suami.
tapi si turis taro aja uangnya di meja.
sambil berucap terima kasih mereka pun keluar. suami ikut mengantar keluar dan menunjukkan arah untuk pergi ke toilet.
"ini uang apa 5 euro?" tanya saya pada suami.
"ya itu tip aja dari dia (turis)," jawabnya. "mungkin dia senang dengan pelayanan dari kita. jadi dia ngasih tip," tambahnya.


No comments:

Post a Comment

Tip dari turis Albania

  sewaktu nongkrong di depan toko ada ibu ot yang nanya harga jaket yang digantung di atas pintu (otomatis menghadap ke toko). pas balik bad...