Geçmiş olsun Turkiye

 

Senin (6 Feb 2023) dini hari, Turki bagian tenggara dihantam gempa bumi yang cukup besar. Gempa berpusat di Kahramanmaraş dan Gaziantep dengan kekuatan 7,4 SR dibarengi gempa-gempa skala 4 dan 5 di beberapa titik di sekitarnya menyebabkan badai gempa yang getarannya menyebar hingga Adıyaman, Şanlıurfa, Hatay, Malatya, Osmaniye, Adana, Kilis, dan Diyarbakır. Getaran gempa ini pun terasa hingga ke Irak, Suriyah, Libanon, Cyprus, Georgia, dan Armenia.
Senin pagi sekitar pukul 7, anak saya menunjukkan peta terjadi gempa di Turki dengan skala 7,4. Di peta itu hanya terlihat titik gempa entah di kota mana. yang pasti ada di sekitar tenggara. Saya tidak terpikir bahwa akibat gempa akan separah ini. Sesampainya di toko, suami nelpon ngasih tahu tentang gempa ini. Saya bilang bahwa saya sudah tahu kalau ada gempa. "Teman kamu Hera gimana?" tanya suami. Hera adalah teman sesama wni yang tinggal di Antep. Saya segera ngecek WA. Ternyata ada pesan dari Hera yang mengabarkan tentang kejadian gempa ini dan dia bersama keluarga terdampak di sana.
Kemudian saya ngecek wag satgas, sudah ramai berita gempa di sana. KBRI koordinasi dengan satgas di provinsi-provinsi terdampak.
Siang hari sekitar setengah 2, gempa susulan dengan skala 7,5 kembali menghantam Kahramanmaraş dan Gaziantep. Allahu Akbar.
Semoga teman-teman wni dan semua warga yang terdampak di sana selalu dilindungi Allah SWT. aamiin.
Hari ini dapat berita bahwa ada 1 wni yang meninggal di sana 😢
Baru hari ini saya sempat menulis status ini untuk mengabarkan bahwa saya dan keluarga baik-baik saja. Alhamdulillah di Alanya aman. karena pusat gempa sangat jauh dari sini. Meskipun ada juga beberapa orang yang merasakan getaran gempa tersebut.
Terima kasih kepada teman-teman dan kerabat atas perhatiannya dengan mengirimkan pesan untuk menanyakan keadaan saya di sini. maaf kalau balasnya lambat 🙂
Geçmiş olsun Turkiye

No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...