Angket Penipuan


Sedang asyik browsing di chrome, tiba-tiba ada web muncul di tab sebelah. Saya lihat ternyata tertulis begini: saya adalah pengunjung yang beruntung. Dengan mengisi angket akan mendapatkan hadiah smartphone samsung galaxy s10.

Saya pikir nothing to lose toh cuman ngisi angket. Tapi saya lihat dulu angket model gimana. Kalo minta data diri, gak akan saya isi. 

Saya masih bingung antara senang dan curiga dengan angket begini. Tapi, saya belum melihat alamat web yang tertulis di atas.

Ada beberapa pertanyaan multiple choice. Yang pertanyaannya seperti ini. Seberapa sering menggunakan chrome dan pertanyaan lain seperti itu. Setelah beres ngisi, saya masuk ke halaman ini.



Sampai di halaman ini, saya merasa curiga dan terpikir untuk melihat alamat webnya.
Kalau dilihat dari alamat webnya seperti ini


tidak ada hubungannya dengan chrome.

saya mulai waspada. Saya baca komen-komennya seperti yang menjanjikan. Ada yang udah dapat teleponnya, ada yang sedang otw hadiahnya. Ini bener ga ya? Beberapa komen juga menanyakan kebenarannya.


Di situ tertulis kalau saya harus mengklik sebuah link dan hadiah ini harus saya bayar $1.
hmm mencurigakan ini. Saya ga klik link itu. Melainkan saya search di google mengenai ini.
Dannn eng ing eng, ternyata ini adalah salah satu modus penipuan.

Saya search di google: chrome anketi samsung 2019

saya search pake bahasa turki coz angket saya bahasa turki





Lalu saya klik link paling atas. Di sana ada yang menulis tentang kasus penipuan ini.




Untungnya saya tidak mupeng dengan smartphone coz udah punya meskipun sedikit jadul. Belum butuh hp baru.

Jadi hati-hati buat para peselancar chrome. Kalau ada tiba tiba muncul angket berhadiah seperti ini. Ini adalah penipuan. Alih alih ingin dapat hp, eh malah dapat hadiah virus komputer.

Untuk yang ga ngerti bahasa Turki, saya carikan juga dengan English:
"chrome survey samsung 2019"



Lihat hasil pencarian paling atas. Dengan mengklik link-nya, dapat dibaca kasus penipuan angket tersebut.


No comments:

Post a Comment

112

dibaca: yuz on iki, ini adalah nomor panggilan darurat di Turki. Kalo di Amrik ada 911, maka di Turki ada 112. Dulu panggilan darurat polisi...