angkot di bandung, dolmus di alanya



alat transportasi di bandung yang sangat terkenal adalah angkot.....secara istilah merupakan akronim dari Angkutan Kota, Sarana transportasi rakyat yang banyak diminati di kota-kota besar seperti Bandung dan Jakarta.

Jenis mobil yang biasa dipakai untuk dijadikan angkot merupakan mobil yang kira-kira menampung sekitar 14 penumpang + 1 supir. Jenis kendaraan yang biasa dijadikan angkot biasanya adalah jenis mitsubishi colt ss, suzuki carry, toyota kijang. Dan beberapa bulan yang lalu sempat keluar angkot dari jenis espass, dan zebra. angkot di bandung  warna nya bermacam2, kayaknya untuk mudah dihafal oleh penumpang.....klo di jakarta menghapal jurusan angkot berdasarkan nomor angkot tapi klo di bandung menghafalnya berdasarkan warnanya......misalnya klo sedang di bandung ingin pergi ke pasar caringin, naik saja angkot warna biru (jurusan caringin-sadang serang)...

Tempat duduk angkot diatur sedemikian rupa sehingga didalam angkot ada dua bangku panjang. yang sejajar. Dan penumpang duduk berhadapan. sebelnya klo angkot dah penuh...trus ada penumpang yang nyetop..eh supir kadang maksain aja penumpang itu untuk masuk....

emang sih ga smua supir kayak gitu...jam kerjanya angkot ini setiap saat ada....jadi kita klo mu bepergian kemana saja di bandung, tidak usah menunggu lama2 di jalan, karena angkot selalu ada untuk mengantar anda sampe ke tujuan

sedangkan untuk alat tranportasi di alanya....yang terkenal adalah dolmus (angkotnya alanya) selain ada juga bus...Jenis kendaraan yang biasa dijadikan dolmus biasanya adalah jenis mercedez benz or VW minibus.

tempat duduk dolmus seperti halnya tempat duduk dalam bus tetapi satu baris (2-0 or 3-0), kadang ada yang dua baris (2-1)...jika semua kursi terisi, penumpang akan berjumlah 14, tapi dalam dolmus tidak hanya penumpang duduk, ada juga yang berdiri. jadinya klo sedang jam sibuk dan penumpang penuh, maka penumpang dalam dolmus dapat mencapai 30 orang.....jam kerja dolmus klo weekday 15 or 20 menit sekali, tapi klo weekend 30 menit sekali.....

jurusan dolmus tertulis di papan yang ditempel di kaca depan seperti gambar disamping (tertulis jelas jalan2 or tempat yang dilewatinya)

sama juga seperti halnya angkot di bdg.....ada supir dolmus yang suka maksain penumpang untuk masuk meskipun dalam dolmus udah berjubel....biasanya klo lagi bulan ramazan dan ketika menjelang berbuka...huhhh penuh deh dolmus....soalnya kejar waktu berbuka juga

klo ongkosnya dolmus ini...untuk sekarang jauh dekat 1 YTL (entah mungkin akan naik lagi di waktu mendatang coz waktu pertama kali saya datang kesini ongkos dolmus 0,75YTL), untuk kurs dolar sekarang 1USD = 1,6 YTL.... tapi untuk pelajar ongkosnya setengahnya dari itu...tapi klo musim libur kelihatannya untuk pelajar ongkosnya disamain tuh...peraturan dari pemerintah sih pelajar dan non pelajar beda tapi suka ada supir yang disamain aja....klo untuk ongkos angkot kayaknya sekarang tambah mahal coz bensinnya juga tambah mahal di indo....entah dech sekarang berapa ongkos angkot......

angkot dan dolmus masing2 ada kekurangan dan kelebihannya.....enaknya angkot ga ada jadwalnya jadinya kapan aja selalu ada .... tapi dolmus harus nunggu tiap 15-30 menit.....

ga enaknya angkot...supirnya suka brutal (ga semuanya sih) trus bangkunya pendek....klo dolmus kan bangkunya seperti di bus jadinya nyaman duduknya.....

pangkalan dolmus di alanya cuma ada satu...jadinya semua dolmus mangkalnya disitu.

gambar disamping adalah dolmus station alanya. yang letaknya di centrum....daerah shopping centernya alanya....







pics:

angkot bandung by annie

dolmus by ali

Comments

Popular posts from this blog

Tips Backpacker Aman di Turki untuk Para Cewek

Menikah di Turki

Kejutan Malam