Posts

Showing posts from August, 2018

Suç ve Ceza

Image
Mulai baca novel ini yang baru dibeli kemaren.
Buku ini aslinya berbahasa rusia dengan pengarang Fyodor Dostoyevski. Diterbitkan di rusia pertama kali pada tahun 1866. Wow jadul banget ya. Dialihbahasakan ke dalam bahasa turki oleh Sabri Gürses dengan cetakan pertama di penerbit Can diterbitkan pada tahun 2015. Yang saya beli ini cetakan ke-11.
Ga tau nih dalam jangka waktu berapa lama novel ini bisa saya tamatkan. Tebel banget, 683 halaman. Novel ini pun sudah difilmkan sebanyak 3 kali, yaitu pada tahun 1935, 1970, dan 2002. #SuçVeCeza
#CrimeAndPunishment

Bikin penasaran aja

Barusan menjelang jam 21, di jalan belakang rumah terdengar suara gaduh seperti ada alat berat lewat. Saya langsung melihat ke arah balkon. Ternyata mobil pemadam kebakaran lewat diikuti mobil polisi. Saya berlari ke dapur smbil memanggil anak untuk melihatnya lebih dekat dari jendela dapur. Belakang rumah saya pas banget jalan jadi berisik kendaraan lalu lalang. Mobil pemadam kebakaran dan mobil polisi melaju menuju tepe (puncak) tanpa menyalakan sirine hanya lampunya saja karena jalanan lengang. Setelah mobil mobil itu berlalu, saya kembali rebahan di sofa sambil nonton ninja warior UK. Beberapa menit kemudian terjadi kegaduhan yang sama. Dari sofa saya tengok ke balkon, ternyata ada beberapa orang pemadam kebakaran berjalan kaki diikuti mobilnya. Saya kembali panggil anak dan bersama sama melihat kejadian ini dari balkon. Entah apa yang sebenarnya terjadi. Mobil pemadam kebakaran yang tadi menuju tepe datang kembali bersama mobil polisi di belakangnya. Lalu ketiga mobil ini pergi …

Saran untuk turis

Image
Kemarin pagi toko saya kedatangan pasangan customer dari belanda. Cowo turki dan cewenya belanda.
Saat itu toko saya masih setengah buka coz manekin manekin depan toko masih ditutup kain putih untuk menghalangi sinar matahari.
Alhamdulillah sepagi itu sudah dapet customer.
Mereka berniat beli tunik berwarna hitam untuk si cewe. Saya ga tahu apakah dua sejoli ini masih dalam tahap pacaran atau sudah menikah, ga nanya kemaren. Tapi yang pasti si cewe sudah jadi mualaf, alhamdulillah. Tanpa ditanya pun, si cowo udah kasih tahu saya tentang ini. Sementara si cewe mencoba tunik yang disuka, saya ngobrol sama cowonya. Cowo ini bahasa turkinya keliatan kagok. Maklum meskipun dia orang turki asli, tapi dia lahir dan besar di belanda. Meskipun kagok, dia tetap bisa. Katanya orang tuanya berasal dari ankara. Dulu, kakeknya yang pertama pergi ke belanda untuk bekerja. Kemudian orang tuanya (ga tau ini ayah atau ibunya) saat berusia 15 tahun menyusul ke belanda. Jadilah sampe sekarang mereka di bel…

Lombok

Sekitar 2 minggu lalu, turis belanda asal maroko (suami istri dan anak kecil) berbelanja di toko saya. Seperti turis dari eropa lainnya, si suami dapat menebak asal saya dari indonesia. "Saya ingin wisata ke indonesia sekeluarga. Kamu bisa rekomendasikan tempat yang bagus untuk dikunjungi?" tanya si suami.
Saya ga pernah promosi bali pada turis turis, karena bali sudah terkenal dengan sendirinya. Saya suka promosi lombok, meskipun saya belum pernah ke sana. Seperti beberapa bulan lalu saat kedatangan suami istri dari amrik. Suami asal pakistan dan istri asal ukraina. Saya promosikan lombok pada mereka saat itu. "Saya belum pernah ke sana, tapi saya melihat foto foto teman saya yang wisata ke lombok. Pantainya bagus. You can search in internet about lombok, you can find beautiful pics of lombok," terang saya pada si suami. Tapi 2 minggu yang lalu, ketika akan promosi lombok, saya teringat gempa yang baru terjadi. Saat itu minggu pertama gempa lombok terjadi. Saya pu…

Turis Berbahasa Indonesia

Image
Sore tadi depan toko, seorang turis lelaki setengah baya melihat saya dari dekat seakan mengenal saya dan bertanya dalam bahasa indonesia, "apa kabar? Baik baik." 
Saya mendengarnya malah bengong, bukannya menjawab.
"Indonesia?" tambahnya bertanya.
"Ya Indonesia," jawab saya. "Where are you from?"
"Afganistan," jawabnya.
"Pernah ke Indonesia?" tanya saya.
"Sy tinggal di swedia. Tapi dulu saya punya toko di madinah. Banyak customer saya dari indonesia dan malaysia," jawabnya.
Rupanya beliau ini masih ingat bahasa indonesia meskipun sudah puluhan tahun meninggalkan madinah.
"Sekarang saya sedang berlibur di alanya dengan my son," ucapnya.
Saya pun memberikan kartu nama pada si bapa, kali aja perlu baju untuk istrinya :D
Si bapa pun berterima kasih dan pamit pergi.

Kardeş katli meselesi (masalah pembunuhan saudara kandung)

Image
Hal ini dilegalkan oleh Fatih Sultan Mehmed (Sultan Mehmed al Fatih).
Beliau mengeluarkan kanunname yang berbunyi (dalam bahasa Türkçe Osmanlı):
"Evlâdımdan her kimesneye [kimseye] saltanat müyesser [nasip] ola, nizâm-ı âlem [devlet ve toplumun düzeni/huzuru için karındaşlarını katl eylemek münâsibdir; ekser-i ulemâ [ulemanın ekseriyeti] dahi tecviz etmişdir [izin/icazet vermiştir; yerinde bulmuştur]. Onunla âmil olalar." Artinya dalam bahasa İndonesia:
Siapa pun setelahku dari keturunanku yang menjadi padisah, dibolehkan membunuh saudara kandungnya untuk kedamaian dan keselamatan negara. Keputusan ini mendapat izin dari alim ulama dengan alasan untuk kedamaian negara. Aduhhh saya langsung ilfeel membaca bagian ini. Jadinya saya malas membaca halaman berikutnya. Sudah dua minggu, buku ini belum tamat saya baca. Akhir minggu kedua, saya nelpon ke perpus untuk minta perpanjangan waktu. Dikasih sampe 14 agustus. Sekarang tgl 11, saya masih saja bulak balik baca bagian itu. Merasa …

Pendidikan dasar di Finlandia

Image
Minggu lalu saya nulis status tentang finnish gypsy. Sekarang saya mau nulis sedikit tentang pendidikan dasar di finland.

Setiap turis finland dengan anak usia sd yang datang ke toko, saya akan bertanya tanya pada si anak tentang sekolah di sana.

Bagaimana sih sekolah di finland?

Saya: apakah suka dikasih homework?
Anak: yes
Saya: homeworknya banyak?
Anak: yes many.
Saya: suka ada exam?
Anak: yes.

Nah, di buku#AsyiknyaBelajardi5Benuaini juga ada bonus cerita dari finland. Ceritanya tentang emak perantau yang pernah menjadi asisten pengajar di sana.

Bagi yang kepo dengan buku ini, yuk segera hunting di tobuk terdekat;)

#AB5B