Posts

Showing posts from November, 2016

Editor

Udah beberapa malam ini suami ngerjain pr sendiri (di kamar). Tapi sepertinya dia ga rela kalau istrinya nonton tv sambil tiduran di ruang tamu. Tiap beberapa menit dia pasti manggil buat nanya ini itu yg berkaitan dengan word dan photoshop. Inı membuat saya emosi jiwa karena harus bulak balik dan tidak bisa santai. Suatu malam karena capek dipanggil panggil melulu, saya putuskan untuk matikan tv da tidur saja. Maksudnya supaya bebas dari gangguan. Ternyata saya salah. Lagi tidur pun tetap saja ditanya tanya. Capek dech... Semalam İa bereskan pr nya. Setelah beres saya pikir akan bebas. Ternyata saya salah lagi. Malahan saya disuruh meriksa hasil tulisannya tersebut. Sebagai editor ceritanya. Waktu sudah menunjukkan jam 12 tengah malam, dan saya harus memeriksa tulisan 26 halaman secepat kilat. Untung 26hal ga semuanya tulisan tapi banyak gambarnya. Saya harus memeriksa imla kilavuzu alias EBI kalau di indonesia (dulu eyd). Waduhhhhh... EBI aja saya masih suka eror apalagi ebi nya tü…

Erkek Fatma

19-10-2016 Erkek fatma Alias cewe tomboy Datang dua orang perempuan ke toko (satu gemuk dan satu biasa) dan seorang anak kecil.
Perempuan gemuk milh milih baju terus mencobanya. Yang satunya sepertinya tomboy.  Dia duduk dan mengomentari yang dicoba perempuan gemuk. Ceritanya si cewe tomboy jadi supporter.
Ok kita bahas yang supporter ini. Dia nanya harga rok. Trus dia ngomong sendiri. Kalo dia ga suka pake rok. Tapi sukanya pake celana panjang aja kayak cowok. Trus katanya dia juga ga yakin sama jenis kelaminnya sendiri. "Saya ini cewe apa cowo," katanya.
"Erkek fatma", timpal saya.
"Ah iya bisa jadi", katanya membenarkan
Hasil nonton sinetron Turki jadi tau istilah cewe tomboy versi Turki :D

Membaca dan Riset untuk Menulis

Membaca, riset, dan menulis adalah tiga kegiatan yang tidak bisa dipisahkan satu sama lainnya. Itulah yang saya lakukan ketika menulis. Baik itu menulis blog, artikel maupun buku. Misalnya saya mau menulis tentang alanya castle. Meskipun saya udah berulang kali ke sana, namun saya harus membaca baca tentang alanya castle itu sendiri. Baik itu tentang sejarah atau yang lainnya. Dengan membaca secara tidak langsung telah melakukan riset dan mengunjungi tempatnya juga merupakan sebuah riset. Dengan begitu, tulisan yang dihasilkan nanti akan memiliki rasa yang nano nano jadinya tidak garing untuk dibaca. #TipsMenulis

Wangi-wangian dari sereh behind the scene

Image
Tanaman serehku di balkon kering kerontang. Niatnya mau dibuang. Kemaren saya babad daun-daunnya yang panjang dan masukin ke kresek. Waktu mau dibuang kok wanginya enak banget. ga jadi dech dibuang. Keluarin lagi dari kresek dan minta anak bawain kotak trus simpen dulu di kotak. Ntah mau diapain. Anak keukeuh pengen bikin koku torbası (scent bag). Ok dech nanti kita lihat kalo bahan-bahannya ada kita bikin itu yang diinginkan. Saya liat bahan yang ada di rumah dan ternyata semuanya ada, jadilah koku torbası ini.

Hening satu menit

Pagi pagi udah kedengeran yang nyoba speaker dari balaikota. "Ses kontrol ses kontrol", begitu katanya. Kupikir mau ada pengumuman kematian seseorang...ternyata...
Waktu menunjukkan 9.05 terdengar suara sirine dari speaker tersebut. Ohhh...hari ini tgl 10 nov, hari meninggalnya pendiri republik ini. Jadi setiap tgl ini jam segini, memperingati kematiannya. Seluruh Turki pada jam 9.05 setiap tgl ini serentak diperdengarkan sirine selama satu menit dengan tujuan untuk menghormatinya.
Semua orang di jalanan atau di mana pun akan berdiri diam untuk satu menit (gimana kalo lagi BAB ya). Semua kendaraan pun akan berhenti dan bahkan pengemudinya akan keluar dari mobil dan berdiri diam satu menit (ini yang saya lihat di berita tv). İni pertama kali sejak berada di Turki saat 10 nov, saya berada di toko. Saya ingin melihat keluar bagaimana orang orang di luar sana saat satu menit tersebut. Tapi saya tentunya tidak bisa bebas lihat sana sini karena nanti dianggap tidak menghormati. 

Pengalaman, Menulis, dan Keluarga

Image
Jika ditanya pernah bercita-cita untuk menjadi penulis, jawabannya TIDAK. Tapi ketika telah berhasil menulis untuk buku antologi alias jadi kontributor, saya pun bercita-cita ingin menjadi penulis terkenal. Boleh ya :D Saya orangnya tidak suka menulis serius maupun membaca. Namun waktu masih sekolah sampe sebelum menikah saya suka curhat di buku diary. Ketika mulai menetap di Turki tahun 2005, saya merasakan perbedaan keseharian baik di sini maupun di Bandung (kota asal saya). Tahun 2006 setelah punya momongan, saya mulai ngeblog di Multiply (MP) yang sekarang sudah punah ditelan jaman. Sepertinya bergabungnya saya di MP (karena paksan sahabat), merupakan titik balik saya menjadi seorang penulis. Saya menuliskan keseharian saya di blog MP. Menuliskan pengalaman hidup di negeri orang yang diharapkan bisa memberikan inspirasi untuk orang lain. Kemudian saya mencoba mencari media di tanah air yang bisa menerima artikel secara online. Saya pun menemukan Tribun Jabar. Rentang waktu 2008 –…